Ketika Senyum Pak Omin Terkembang Lebar

picture from https://otomotif.tempo.co

    Setiap pagi, ada satu rutinitas yang melintas di jalan depan rumahku. Rumahku terletak persis di batas wilayah kampung Kelapa Dua dan sebuah perumahan mewah, dengan jalan raya arteri primer sebagai konektivitas antar daerah.

    Rutinitas itu bernama Pak Omin, seorang petani gurem  yang sekarang bergeser menjadi petani musiman saja. Pak Omin, pria berusia 65 tahunan -perkiraan aja ya gaes, soalnya cucunya sudah banyak- itu, setiap hari mengendarai motor untuk mengantar sayuran segar atau buah-buahan ke Pasar Bonang. Kulihat, motornya yang sudah tua, adalah teman setianya selama bertahun-tahun.

    Belakangan ini, setelah anak Pak Omin bekerja, motor tua itu diganti dengan motor matic bekas. Nah, beberapa kali motornya sering mengalami masalah. Sesekali, usai subuh Pak Omin akan datang ke rumah, meminta seorang mekanik yang tinggal di belakang rumah untuk membantunya. Ya, rumah tempat tinggalku juga berfungsi sebagai ruko dan adik iparku membuka bengkel resmi motor. Sayang, setelah covid melanda, bengkel itu pun resmi ditutup, sehingga para mekanik keluar dan membuka usaha mereka masing-masing.

    Suatu pagi, tiba-tiba rumah kami diketuk. Pak Omin, rupanya. Ia bilang bahwa motornya sama sekali tak bisa distarter. Ia sudah berusaha memperbaiki, tetapi kali ini tampaknya masalahnya lebih serius. Pak suami yang sedikit mengerti mesin, langsung menemukan bahwa oli yang digunakan sudah sangat kotor dan tidak cocok untuk motor tersebut. 

    "Pak, oli yang dipakai Bapak tidak sesuai dengan spesifikasi motor ini. Itu yang jadi penyebab mesin sering bermasalah," jelas suamiku, menerangkan dengan sabar. Maklum sama orang sepuh kudu hati-hati ngomongnya.

    Raut wajah pak Omin memucat. "Lalu, apa yang harus saya lakukan, Bos?" Ia memang sering memanggil suamiku dengan sebutan Bos.

    Suamiku teringat, di gudang bekas bengkel masih ada beberapa kaleng oli, mulai dari oli mesin hingga oli gardan, bahkan ada beberapa spare part yang masih tersisa.

    "Kita lihat dulu ya pak, semoga saja ada Oli MPX 2. Biasanya sih, oli ini sangat cocok untuk motor seperti punya Bapak dan akan membantu menjaga mesin tetap awet dan bekerja dengan baik."

    Untunglah, masih ada oli MPX 2 dan setelah mengganti oli dan melakukan beberapa pengecekan tambahan, suamiku menghidupkan motor Pak Omin dan .. berhasil! Suara mesinnya terdengar jauh lebih baik. "Coba sekarang, Pak. Motornya sudah bisa, nih. Jangan lupa ganti oli, atuh pak!" tegur suamiku.

    Aaah.. dengan lega, Pak Omin mencoba menyetarter dan merasakan perbedaannya. Motornya berjalan lebih halus, dan suara mesinnya terdengar lebih tenang. Dia merasa sangat lega dan berterima kasih.

    "Haturnuhun bos!" kata Pak Omin. Senyumnya terlihat lebar sekali.

    "Pak Omin, kalau susah mending setiap satu dua bulan dicek ke Planet Ban dekat pasar Kelapa Dua itu kan ada." saran suamiku. 

    "Oh, gitu ya bos? Atuhlah takut mahal, bos. Si Andi kan pulangnya ga tentu, takut teu bisa bayarna," ia menunduk. 

    "Terjangkau kok pak, coba deh minta si Andi ke situ dulu, biar dicek. Andi sedang ada di rumah, kan?" Andi, anak Pak Omin yang bekerja sebagai tukang di Tangerang kota, memang kemarin terlihat melintas dan menyapa kami.

    "Oh, muhun pak, nanti ke sana sama si Andi wae," pak Omin baru sadar bahwa anaknya sedang di rumah!

    Pak Omin pun pamit, membawa dua tandan pisang tanduk dan pisang raja sereh. Kami kebagian satu sisir sebagai tanda terimakasihnya.

Kenapa Harus Pakai Oli MPX 2?


    Terlihat sepele ya, ceritaku di atas? Hanya karena motor tak penah diberi oli yang sesuai dengan jenis motor, maka motor pun bisa menjadi bermasalah bahkan rusak!

    Yes, karena fungsi utama oli mesin kan memang memberikan pelumas pada setiap bagian mesin yang membutuhkan. Ada mesin yang berfungsi dengan baik jika pencegah emisinya berjalan dengan baik, sehingga mencegah emisi gas terjadi berlebihan di ruang bakar kendaraan. 

    Selain itu, pada motor yang sudah berusia lebih dari 5 tahun, suhu mesin bisa meningkat, saat mesin bekerja keras. Apalagi jika digunakan setiap hari bekerja membawa beban berat, naik gunung turun lembah! Dengan adanya oli, mesin tetap terjaga suhunya sehingga mengurangi peluang mogok.

    So, kelihatan kan bahwa jika oli mesin tak digunakan dengan baik dan sesuai fungsinya, maka akan banyak sekali terjadi kerusakan, kemudian timbul kontaminan, atau logam-logam yang muncul akibat pergesekan. 


Oli MPX 2 (Maximum Protection Expert)
Oli MPX 2 adalah oli yang diformulasikan dengan performa lubrikasi yang baik untuk melindungi motor menjadi lebih irit namun tetap bertenaga. Memberikan pelumasan yang sempurna agar performa mesin prima pada tipe kopling kering. Oli ini ditujukan khusus untuk tipe motor Matic.

Oli MPX 2 merupakan salah satu produk oli yang sangat populer di kalangan pengguna sepeda motor di Indonesia, terutama bagi mereka yang menggunakan motor matik (otomatis). Oli ini diproduksi oleh AHM (Astra Honda Motor), yang dikenal memiliki kualitas tinggi dan kinerja yang optimal untuk mesin motor.

Mahalkah Harga oli MPX 2 ?

    Dari ceritaku di atas, terlihat sekali masyarakat kadang takut ganti oli, karena... ya takut membayar mahal! Padahal jika oli tak pernah diganti, dan mesin menjadi cepat panas, aus, perbaikan kerusakan yang ditimbulkan malah menjadi semakin mahal!

    Harga oli MPX 2 yang digunakan Pak Omin itu, bisa bervariasi tergantung pada tempat pembelian dan ukuran kemasan. 

Pada umumnya, harga oli MPX 2 untuk kemasan 0,8 liter berkisar antara Rp 45.000 hingga Rp 55.000. Untuk kemasan 1 liter, harganya bisa mencapai Rp 60.000 hingga Rp 70.000. Perbedaan harga ini dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti lokasi geografis, toko yang menjual, dan adanya diskon atau promosi tertentu.

Di dealer atau bengkel resmi Honda, kita bisa mendapatkan oli MPX2 ini dalam ukuran 0.8 liter, dengan harga Rp52.000.

Keunikan oli MPX2 ini adalah pada botol dan stikernya yang berwarna putih, dan tutupnya yang berwarna biru. Jangan sampai membeli merek yang palsu ya!

Lalu, Kenapa Harus ke Planet Ban?



    Uuh dari kemaren jujur saja, banyak sekali yang membicarakan si Planet Ban ini! Bahkan di media sosial, banyak yang memberikan testimoni tentang Planet Ban. Apa sih, istimewanya Planet Ban?

    Suami tersenyum ketika aku bertanya seperti itu. 

    "Iya ma. Planet Ban itu adalah salah satu jaringan bengkel sepeda motor terbesar di Indonesia. Tadinya sih, tujuannya memberikan layanan perawatan dan penggantian ban yang berkualitas, tapi sekarang Planet Ban berkembang menjadi bengkel yang menawarkan berbagai macam layanan perawatan motor!"

Aku manggut-manggut. Ogituuu.... 

    Daripada penasaran, aku pun mengecek apa saja layanan yang diberikan Planet Ban, soalnya .... buat perbandingan! Pasti kalian pasti sudah baca di atas, bengkel resmi kami kan tutup karena ketika terjadi lockdown, usaha sepi dan kami tak mampu menggaji karyawan atau mekanik lagi. 

Layanan yang Ditawarkan Planet Ban


Ganti Ban

Jelas.... Planet Ban dikenal karena layanan penggantian ban yang cepat dan efisien. Mereka menyediakan berbagai merek ban berkualitas yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan jenis sepeda motor.

Servis Rutin

Planet Ban juga menawarkan layanan servis rutin, termasuk penggantian oli, pemeriksaan rem, pemeriksaan kelistrikan, dan berbagai perawatan lainnya yang diperlukan untuk memastikan sepeda motor tetap dalam kondisi optimal.

Ganti Oli

Salah satu layanan utama di Planet Ban adalah penggantian oli. Mereka menyediakan berbagai jenis oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi sepeda motor, termasuk oli MPX 2. Layanan ini biasanya mencakup penggantian filter oli dan pemeriksaan umum kondisi mesin.

Bisa Ganti Aksesoris dan Spare Part

Planet Ban juga menjual berbagai aksesoris dan suku cadang motor. Mulai dari busi, kampas rem, hingga lampu dan kaca spion.

Lantas apa ya keunggulan Planet Ban daripada bengkel resmi lainnya?

Jujur saja saat ini kalau kalian berkelling, dari data Planet Ban sendiri tuh ada banyak sekali cabang yang tersebar. Di Tangerang saja, tak kurang dari 63 titik loh!

Setiap orang pasti senang jika ditangani oleh ahlinya, ya gak sih?

    Nah, bengkel Planet Ban sudah memiliki mekanik yang terlatih dan berpengalaman, memastikan setiap perawatan dan perbaikan dilakukan dengan standar tinggi.

    Selain itu, Planet Ban hanya menyediakan produk-produk berkualitas tinggi, baik itu ban, oli, maupun suku cadang lainnya. Ini memberikan jaminan bahwa pengguna mendapatkan yang terbaik untuk sepeda motor mereka.

    Dikenal dengan pelayanannya yang cepat, Planet Ban meminimalisir waktu tunggu pelanggan, sehingga pengguna sepeda motor bisa segera kembali ke jalan dengan aman dan nyaman.

    Planet Ban telah menjadi pilihan utama banyak pengguna sepeda motor di Indonesia untuk berbagai kebutuhan perawatan dan perbaikan. Dengan komitmen terhadap kualitas dan pelayanan, Planet Ban terus menjadi bengkel yang dipercaya oleh masyarakat.

    Setelah tahu data dan faktanya, aku pun tak ragu lagi memberikan rekomendasi tentang Planet Ban ke Pak Omin!

17 komentar

  1. Semoga Pak Omin sehat selalu berlimpah rejeki dengan motornya yang sudah diperbaiki di Planet Ban

    BalasHapus
  2. Senang banget pak Omin ada solusi buat motor tuanya, yang penting perawatan ya pak. Semangat!

    BalasHapus
  3. Ooh pake MPX 2 ya? Well notes mbak, thanks.

    BalasHapus
  4. Keren... memang niat nolong orang ga pernah salah, ya.. rejeki deh dapet pisang satu sisir pagi pagi! Semoga berkah ya mbak Neng

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih Alhamdulillah pagi pagi dapat pisang bisa digoreng berkat oli mesin

      Hapus
  5. Planet ban sdh terkenal lama si .. bersyukur pak Omen diberitahu tempat yang tepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul bunda, bersyukur si pak Omin ini kenalan sama Planet Ban deh

      Hapus
  6. Emang udah lengkap banget ya kak planet ban apalagi udh tersebar juga di seluruh Indonesia jadi mudah dijangkau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya keuntungan bengkel dengan brand name baik

      Hapus
  7. Beruntung sekali Pak Omin punya tetangga sebaik keluarga kak Tanti. Punya tetangga yang sudah sepuh memang kadang terasa seperti mengasuh. Urusan kendaraan, dah lah, serahkan aja sama bengkel yg terpercaya, drpd ke bengkel sembarangan, takut kena sparepart abal2.

    BalasHapus
  8. yaa kebetulan bersebelahan gangnya mbak Wid, dan pak Omin ini juga gak kalah baiknya kan, coba masak diganti pisang tanduk sesisir kan bahagia sayaaaa

    BalasHapus
  9. Setahuku planet ban cuma buat ganti ban doang. Ternyata bisa servis dan ganti spare part juga ya.. Thanks infonya mba

    BalasHapus

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG NENG TANTI (^_^)